34 WEEK – Senam

2014.01.18
Yeah…akhirnya kesampean juga ikutan senam hamil, emang jodoh g diminggu ini kali yah ^^. Setalah akhirnya g kecewa dengan service dari Klinik S*mmarie (disingkat SM aja yah) yang enggak jelas itu, dan entah kenapa yah g masih ada percaya ama itu klinik setelah beberapa kali servicenya yang kurang OK itu. Emang yang namanya RS cocok-cocokan juga kali yah. Yang minggu lalu katanya pelatih senamnya ga datang, trus g langsung lanjut booking untuk sabtu berikutnya donk. Kemarin Jum’at di konfirmasi ada jadwal senamnya tapi jam 1 PM, jiah siang amat yah… padahal bilangnya jadwalnya selalu pagi, dan di RS lain kebanyakan juga pagi sih. Baru sadar juga, di sekitar kan RS banyak yah, kenapa g cuma coba 2 RS aja. Akhirnya g menghubungi beberapa RS sekitar tebet.

Tau na di M*distra ada boo kelas senam hamil, dan katanya walo 1 orang kelas akan ada terus. Yah sut-lah langsung daftar donk.. di telpon g denger biayanya Rp. 25,000/sesi, ada 2 sesi, sesi 1 9-10am dan sesi 2 11am-12pm. Tadi pas dateng kesana taunya Rp.75,000/sesi, jam senamnya sesi 1: 9-11 am, sesi 2: 11am-12pm (enggak tau apa bedanya sesi 1 dan 2, kok selisih 1 jam). Harga ini sih sama dengan RS (di H*rmina sih klo ga salah didenger di telpon Rp.25,000/sesi) dan Klinik SM kok hehehe…

Datang daftar ulang trus langsung bayar di kasir, habis itu di suruh ke lt.5. Sampai disana, baru duduk, enggak lama susternya udah dateng, entah suster atau bidan, dibajunya ada tulisan bidan Rubi sih, tapi namanya bukan Rubi kok, jadi g panggil suster aja, masih muda orang na. Susternya datang ontime, habis itu g disuruh duduk-duduk nunggu yang lain kurang lebih 15 min. Selama itu di tensi, di cek detak jantung si Dd, isi data di diri di kartu, 15 min berlalu, sesi senamnya pun di mulai.

Disini awal kita di kasih penyuluhan, peyuluhan info standard mengenai, asupan makanan selama hamil, yang info na bisa kita cari di inet. Trus masalah susah pup, solusinya dikasih tau juga, masalah ambeyen, berat badan kita dan si dd, dll. Intinya tentang gizi buat si bumil dan dd, yang boleh dimakan dan yang harus di hindari🙂. Semuanya udah ada di inet sih, cuma bedanya disini klo bingung boleh tanya-tanya langsung.

Penyuluhan baru 3 slide ada pasien lain dateng, jadi g duduk nunggu lagi deh, nunggu si pasien di tensi dan di cek detak jantung baby na. Yang bikin kaget ini perkiraan hamilnya sama dengan g, awal haid perkiraan 19 mei, berhenti 26 mei. So.. usian kandungan 34-35 week, perkiraan lahir 22-26 Feb wakaka.. takjub euy! Tapi si Ibu ini cantik pisan, peyutnya cling – cling ga ada stretch mark, dan peyut na ga seboros peyut g, penampakan si ibu cantik, enggak kek g, yang udah mandi, tapi penampakan kek orang baru bangun tidur, atau enggak mandi seminggu hahaha…

Si Ibu ini pas dateng peyutnya agak keras, tapi enggak sedang kontraksi, jadi ada beberapa gerakan yang berat dia nanti ga perlu ikut. Jadi ikut yang ringan-ringan aja. So penyuluhan dilanjutkan, g sih enggak banyak nanyak yah! tapi si Ibu F (inisial nama si ibu satu lagi itu) dia suka ngupi di pagi hari🙂, jadi ada beberapa pertanyaan.

Habis itu lanjut senam dari pembukaan, inti senam, dan penutupan. Secara gerakan kita diajarkan dasar, bila terjadi kontraksi ringan / palsu saat perutnya kencang, cara mengantur napas, agak kontraksi enggak sakit dan cepat berlalu. Trus semakin besar kandungan tulang diatas kemaluan/selangkangan sering ngilu, itu pun diajarin gerakan untuk mengurangi rasa ngilu/sakitnya. Diajarin cara duduk yang bener, biar punggung atau pinggang enggak gampang pegel atau sakit. Diajarin gerakan kaki, untuk mengurangi yang namanya kesemutan, urat betis ketarik, atau kaki capek karena kebanyakan jalan/berdiri, karena beban si peyut makin gede, kita nahannya bikin kaki makin cepet capek. Nah itu diajarin cara mengurangi capeknya, yang semua itu bisa kita lakukan tiap hari di rumah, entah sepulang kerja, atau dimana gitu klo ada tempat buat selonjoran ^^.

Lucu na ada beberapa gerakan yang ga bisa g lakukan karena dulu sempet Yoga wakakaka… jadi pas di suruh bersila, kemudian ujung lutut disuruh di tekan kebawah, kaki g saat bersilah diteken malah rata ama matras, jadi pantat na ga bisa naik, sampe si sus akhirnya nanyak…

” dulu sebelumnya pernah olah raga ? “
” sebelum hamil ada yoga “
” oh pantes, klo ga bisa gpp, ga usah dipaksakan “

G sih masih usaha di ganjel pakai betis, cuma ga boleh, jadi yang satu itu g diem aja deh! hahahaha… Trus ada diajarin posisi sungsang, walo pun baby g enggak sungsang itu gerakan yang patut diketahui aja, karena bisa dilakukan kapan aja. Dan sebenarnya semua gerakan yang diajarinkan bisa dilakukan sendiri dirumah kok ^^. Sempet kepikiran, mau ikutan sekali aja, tapi setelah cari info, teori dan pengaturan napasnya itu beda – beda🙂. Dan di 37week kita nanti akan dikasih teori dan cara ngeden dan napas untuk persiapan melahirkan.

Diakhir di ajarin cara ngulet, kadang klo bumil kan ga bisa sembarang ngulet nti ada urat – urat yang ketarik, tapi klo ga ngulet, badan rasanya gimana gitu yah, enggak enak pastinya. Nah ini diajarin cara ngulet, habis itu kita disuruh bobox setengah tengkurep selama kurang lebih 10-15 min. Jujur aye hampir bablas, dan ternyata bumil itu boleh dan bisa lho bobox setengah tengkurep, asli g nyaman pisan, cuma tangan kiri na itu ga boleh lurus, alhasil pas kelar tt kiri agak sakit dan jari kiri sedikit kesemutan, efek badan g kurang lentur kali yah. Secara kan baru pertama kali juga wakakaka… jadi pengen praktek bobox setengah tengkurep itu. Secara sebelum hamil g emang suka banget bobox setengah tengkurep gitu.

Sus na juga lucu, dia ada cerita nanti saat mau melahirkan pas masih bukaan 2-5 biasanya wajah si ibu masih cantik, masih bisa tersenyum, dan bisa jalan-jalan. Begitu bukaan 5-9 biasanya raut wajah ibu akan berubah, mengekerut, dan sudah tidak terlihat cantik, langsung g timpalin…

” dah meringgis yah tampang na “
” yah begitu lah “

Yah ini bukan maksud untuk menakut-nakuti yah! semua pengaturan napas ini, juga nantinya ga akan terpikirkan oleh para Ibu saat mau melahirkan, karena biasanya klo sudah sakit kan ga bisa banyak berpikir, tapi jangan khawatir, Ibu akan ditemani oleh bidan yang akan membantu. Gitu kata si Sus, dan hal ini udah g denger dari temen g, g berdoa dapet suster yang sabar dengan kata-kata indahnya untuk mensupport proses kelahiran g.

Yang malu-malu-in pas senam sih yah! si Dd ini asli deh ga bisa diem pisan wakakaka.. orang lagi senam rebahan terlentang, dengerin teori sambil gerak-gerak kaki, peyut g heboh banget bergelombang, sampe si Sus sesekali ngelirik trus senyum-senyum liat peyut g ngejendul naik turun. Dd na ikutan senam juga hahaha…

Yeah… dan sesi senam pun berakhir ^^, dikasih minum, dikasih kartunya, dan kita akan bertemu lagi minggu depan. Oh iya secara tempat enak banget, bersih dan tenang pisan, satu ruangan muat untuk 4-5 bumil🙂. Suami ga perlu nemenin dan ga boleh masuk juga walo cuma buat liatin. Yang g suka yah ontimenya si sus, nunggu pasien lain 15 min ok lah ^^.

Pas pulang nunggu lift, sapaan ama ibu F hehe.. hari ini kita berdua sama-sama pertama kali na ikutan senam, dan usia kandungan kita sama. Dia sempet ngasih tau suami na klo tadi kita berdua senam bareng dan due date na samaan dan komentar…

” perutnya gede yah! baby boy yah ? “
” iya “
” sama dr. siapa ? “
” awal sama pror. Farid, cuma karena udah tua dia sekarang terima konsul aja, trus di rekomen Dr. Adi di MMC “

Sedangkan si Ibu F ini Dr, na di M*distra.

Dan ini selingan, penampakan si dd 34 week. Dengan gaya g ngemeng ama si Buled ” ah ga keringetan, senamnya biasa aja, ruangannya ber AC “. Cuma yang tadinya pulang mau pijet-pijet kaki yah enggak jadi, pegel na ilang, cuma bagian bahu + leher aja pengen creambath nih! ama kemarin kan sering kena ujan dikit-dikit, idung agak meler dan kepala agak berat dah 3 hari ini, kali di creambath pijet-pijet pala ama bahu kan ilang gitu yah ^^.

Tapi yang namanya badan sih yah enggak bisa boonk lah! pulang senam laper, langsung makan sepiring nasi wakaka.. habis itu bobox 3 jam pules banget. Pas di gereja alamak, badan berasa capek pisan dan ngantuk berat wakakaka… intinya tuh senam walo keliatan ringan enggak keringetan badan g sih ga isa boonk yah! butuh istirahat tetep, wakakaka… yeahh.. marilah kita senam, minggu depan klo ga ada sus, na g photo in deh tempat senamnya ^^.

God, thanks for everything, semoga sehat lancar sampai waktunya lahiran yah. Amin.

12 comments

  1. pit, baru tau kalo senam hamil bisa bikin capek banget ya hehe

    1. pas senam na sih biasa aja.. keluar dr rs badan enakan berasa seger, cuma begitu rebahan langsung pules wakaka… kan bumil bawa tas ransel didepan trus banyak gerak, orang yg sehat bawa tas ransel trus beraktipitas aja pasti capek juga ^^

  2. wah perut nya bener2 gede ya pit…
    moga2 sehat2 terus ya…

    1. peyut beda 1 minggu doank nampak sama aja sih ga gede banyak hahaha… cuma skarang jalan 30 min aja udah capek hahahhaa ^^

      1. iyah bener kata Arman, gede juga perut lu. hihihi.
        iya bumil bebannya selain badan sendiri juga bawa perut😀.
        kata temen gua juga gitu, senamnya kayanya sih gancilll tapi abis itu segar aja gitu,

      2. yah mayan lah senam, ada kegiatan berat seminggu sekali wakakaka…

  3. kaya perut gw hamil conrad pas 9 bln jahahaha, perasaan wkt liat kmrn tuh blom segede gini yah

    1. wakakaka… g liat dari atas biasa2 aja, tapi klo tampak samping emang turun dan gede, apa lagi klo ada pembandingnya ^^

  4. Dulu gw perut kek gini pada bilang perutnya udah turun….hehe…tapi teteup aja lahirnya overdue sampe kudu diinduksi :p

    1. yah g dr awal hamil keliatannya turun, krn kebanyakan jalan katanya hahhaha… yah habis gimana yah rejeki bumil ada banyak konser kpop, masa mau dilewatkan hahhaa… trus jln2 nu yer ke daerah yah jd na ga nolak berhubung jarang banget jalan2 na

  5. wuih! udah gede banget peyut na Pit! masih ada 3 minggu lagi?

    1. mateng na 37 week melahiran bisa sampai 40week🙂 ga tau kapan dd na mau keluar hahahahaa

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: