[Eps. 1] Cough – Fever – Cold

2015.03.22
Lagi asik tidur sama Zio, ini anak emang dari kecil tangan sama kaki na suka banting-banting, kali ini bantik ke tangan mama na, sampe loncat g. Jatung g aja loncat sampe dug dug dug… tapi ga lama langsung adem, anak na tau-tau megang jadri-jari Mama na🙂. Ah.. so sweet, sayang sama Mama, sampai mama tua yah. Malamnya Zio udah mulai tuh keliatan batuk-batuk, g ada tanya si nenek atau anak tetangga ada yang sakit enggak ?!katanya enggak ada…

2015.03.23
Mendadak Zio demam tinggi 39.0 trus yah g agak kurang percaya yang digital sih… co coba 3x deh! 38.8, 38.9, 39.0 yeah… ga dibawah 38 so… langsung kasih T*mpra, sempetbubxu 30 min, trus batuk ngebeletok (klo kata orang sunda) alias batuk cetar kek ada reaknya gitu. Trus anak na langsung nangis kenceng donk! dan enggak bobox deh, 1 – 4 am enggak bubux.

Sekarang Zio udah bisa yang namanya minta keluar masuk kamar, diajak keluar baru duduk bentar ngajak masuk kamar, trus ngajakin keluar lagi. Trus yah bisa mat idupin TV jadul dikamar cetak cetik  hesh… sampe akhirnya 4am dia tertidur itu juga cuma betaran 30 min aja, karena batuk cetar lagi, dan nangis lagi, suhu bandannya panas lagi. Langsung deh bikin janji ama Dsa. na….

8am
Pas mau jalan FIL bilang ga usah ke Dr dulu, demam kasih T*mpra aja, g bilang ada batuk cetarnya, dia FIL ga percaya, yah udah deh! akhirnya g coba kasih bubux, cuma 30 min, trus bangun karena batuk lagi. Dan akhirnya FIL denger sendiri batuknya kek ada reaknya gitu, dan g akhirnya di suruh bawa ke Dsa. Yah capekkk deh… dari pagi kan kudu na ini sekarang udah 9.30am, keluar macat gilak, lom arah ke Kliniknya macat karena ada pembangunan jalan layang. Yah udah lah… anak na lom bobox, mama na juga hiks…

Sampai di Klinik untungnya ga pakai lama, langsung ketemu Dsa nya. Tengorokannya emang merah tapi enggak bengkak. Dan g baru tau juga gigi na Zio yang dibawah dah nonggol lagi 2 dikanan dan kirinya, so… gigi Zio sekarang udah ada 10, dan g liat gusinya bengkak-bengkak juga, mungkin itu penyebab demamnya juga.

So… dikasih obat batuk, dan di kasih resep antibiotik, klo 3 hari demam ga turun harus langsung kasih antibiotik, dan g sekalian minta vitamin aja buat tambahan, takut-takut anak g kurang vitaminya. Kabar baik na, Zio yang selama ini orang kira ndut itu sebenarnya gede di pipi na doank, kalo buka baju badannya tipis, tangannya kecil🙂. Tapi Amin lah lom pernah di bawah rata-rata, so… di usia 13M dari 12M ke 13M dia naik 500g. Karena pola makanya udah g rubah juga, sebelumnya ampyun dah makanya agak susah tergantung mood dan hiburan. ahahah…

So… di Dsa yang asik ini menyaran kan klo makan beratnya dibagi 3 aja, dan 2 snack, klo anak na ga makan paling lama 30-45 min ga lebih dari itu, klo dalam waktu itu cuma masuk 2 suap yah udah gpp, biarin dia lapar, so… nextnya dia akan lahap di snack atau di makanan berat berikutnya. G baca di inet juga begitu sih! dan Nyokap g juga bilang… dia dulu ga pernah maksain anak makan, mo makan di kasih makan enggak yah udah. Klo model kek g… g tukang makan dari dulu, tapi enggak jadi daging enggak tau kemana aja … sedangkan si cici makan dikit tapi mukanya bulet badan juga bulet wakakaka🙂.

Klo baca sih, emang anak 1 tahun ke atas makan berat 3x dan snack 2x trus minum susu tuh hanya sebelum dan sedudah bangun doank! cuma klo Zio agak susah sih klo di bikin begitu. Karena dia yang namanya minum susu suh, males ngenyotnya, bisa bertahan ngenyot 150ml aja udah seneng banget, itu pun jarang banget, sekarang takaran susu dia di 100ml aja kadang sisa 10-20ml.

Jadi Zio sekarang klo bangun 5am (kadang bisa bangun 4am) g akan kasih susu, tapi klo 5.30  / 6 am g enggak kasih susu, nanti jam 6.30 / 7 am langsung makan nasi. 11 am makan buah, masih di blender soalnya klo kek pear gitu katanya sih habis 1 biji, cuma entah dia yang habisin atau art yang habisin. Biasanya yang g kasih makan itu mangga doank yang ga di blender, klo yang lain g blender. Di blender g bisa mix sama sayur atau buah lainnya juga. 1pm makan nasi lagi 4 / 5 pm makan nasi lagi, trus 7 pm biasanya makan roti campur susu / telor tim. Dengan begitu sih, Amin yah sebulan bisa naik 100g aja saya sudah senang, saya mah yang penting anak sehat dan ga trauma sama makan aja.

Pulang anak na langsung dikasih makan dan di kasih obat.. pas tidur siang suhu badannya naik lagi, lagi – lagi antara 38-39 aduhh… g langsung WA Opanya donk! dan Opanya bilang antibiotiknya di tebus aja. Punya FIL tukang obat enak nih… cuma yang bikin kesel urusan ke RS aja sih, emang sakit dikit ga usah ke Rs buang-buang duit, cuma dikasus ini kan aye udah tanya mbah gugel.

Walo suhu badannya tinggi Amin, dia bobox na pules 2.5 jam secara dari subuh pan enggak bobox yah, cuma 30 min doank. Mama na sih yang enggak kebagian bubux, baru pules eh dah bangun, giliran mau molor 2.5 jam, kudu ke apotik lagi buat nebus obat. Semua obat diphotoin kirim ke Opanya, opanya bilang antibiotiknya agak keras sih, walo dikasih dosisnya kecil, mungkin berdasarkan berat badan bayinya juga. Jadi sebenarnya ngitung berat badan bayi ga boleh ngasal juga. Kadang ada beberapa obat yang sebenarnya OK, tapi enggak ada versi bayinya, dan si Dsa, akan kasih berdasarkan berat badan si anak.

Melihat suaranya Zio makin seksi walo dia udah ga gitu rewel, walo batuknya ga sering, sebelum 3 hari Opanya memutuskan untuk kasih Zio antibiotiknya malam ini juga, karena liat demamnya Zio yang naik turun. T*mpra pun lanjut …

Cepet sembuh yah say… Mama lope u, God thanks for everything. Amin.

2 comments

  1. moga2 zio cepet sembuh ya pit…

    1. thanks Om😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: