ASI

Yeah kalo urusan ASI sih jujur g orangnya pesimis, melihat pengalaman sebelumnya dimana pas Zio ASI itu pas-pasan banget, walo bawaan happy, semangat perah juga ada, dll. Tapi yah akhirnya ASI nya enggak ada juga, sempet sampe kedua ketek bengkak, trus yah sampe demam dimana g baca katanya klo begitu ASI bakalan banyak, taunya 2 hari bengkak demam meriang gembira, eh taunya bengkak ilang ASI nya ga kunjung ada hikss…

Nah sebelum lahiran g udah beli Bra menyusui donk, karena Bra yang g beli 2 tahun lalu udah pada jelek, bahkan beberapa dan g buang, udah melar banget. Dan g beli ukuran & merk yang sama dengan 2 tahun lalu donk! jadi biarkan si Dd mengempeng dengan harapan ASI nya akan banyak dengan sendirinya. Taunya.. pas mau keluar dari RS tuh Bra kekecilan, untungnya g ada beli Bra biasa yang ukurannya 2 nomor lebih gede dari yang seharusnya, dan itu pun pas g pakai sempit err…

Jadi ini PD g baru bengkak setelah melahirkan, pas hamil enggak ada tanda-tanda pembengkakan sama sekali. Dan g enggak nyangka bengkaknya sampe 2 nomor, jadi itu Bra menyusui g enggak ada yang muat, so… sekarang pakai Bra menyusui yang sudah melar bekas 2 tahun lalu yang sisa tinggal 3 dan itu kudu cepet kering setiap harinya, males kalo kudu beli lagi yang sizenya gede, nanti klo udah ga menyusui ga kekpakek kan sayang😀.

Dan ternyata perah punya perah enggak nyangka aja bisa kek di RS bisa dapet min. 40ml, eh bisa dapet 50ml, eh bisa dapet 60ml, trus 70ml, dan akhirnya sampai 100ml, bener-bener seneng banget deh! Lebay sih… disana orang bisa perah ASI sampe sekulkas penuh g sih enggak muluk-muluk sehari bsia 300ml aja udah seneng banget, plus sedih, pas Zio dia enggak kebagian ASI kebagian sehari palingan 10-20ml doank, Eve lebih banyak ngerasain ASI mama na:).

Dan dulu pas lahir Zio, g pernah beli M*dela Mini Electric akhirnya sekarang kepakai juga dengan maksimal. Ga berani g dulu beli yang mahal kek model yang swing atau freestyle, walo orang bilang pakai itu pompa ASInya bisa lebih maksimal lagi, cuma tetep aja g enggap PeDe belinya, kan waktu itu masih lom tau mau punya anak 1 atau 2, trus yah enggak tau anak ke 2 nanti ASI akan banyak apa enggak hehehe… Yah pakai ini bisa perah walo lama dan bunyinya kek ” mesin pemotong rumput “ min. ada alat perah ASI yang enggak manual.

Dan jadwal pompa ASI biasanya pagi pas baru bangun, sebelum makan siang, setelah bubux sore, dan tengah malam, kadang klo bubux na bablas yah subuh deh baru perah-perah hihihi… awalnya dari 00:00 AM – 11.59 PM itu cuma 100-150ml, besoknya mulai meningkat 150-250ml, klo sekarang Amin stabil diatas 300ml/day. Sedangkan baca punya baca bayi 0-3bulan butuh ASI min. 500-600ml/day. Trus yah ASI g kan agak encer, keknya Eve enggak kenyang, jadi masih di support kekurangan dengan sufor. Intinya terus berjuang, semoga pas balik gawe, ASI nya tetep banyak, asalkan g tetep banyak istirahatnya.

So.. hari-hari g, selain diteror kerjaan sama MIL dihari pas g pulang ke rumah, yah cuma makan dan bubux, main sama Zio dan Eve. Yah kerjaan g sih enggak jalan, cuma kudu buka laptop buat ngurusin kerjaan siapin bahan-bahan bua dikirim ke workshop yang jalan yah MIL wakaka… g cuma nyiapin bahan, bikin PO, QT, INV, dll. Kerja sama mertua bisnis keluarga yang utama dipegang ama satu orang yah begini! jadi ga ada istilah lo bisa mangabut 3 bulan trus leha-leha hehehe… Cuma yah kadang yang g sedih yah, klo ketemu MIL males aja, lagi tidur bisa dibangunin karena nanyak kerjaan, lagi makan pun ngomongin masalah kerjaan, jadi tiap kali ketemu sama MIL kebanyakan ngomongin kerjaan😦. Yah dibalik itu g berdoa semoga bisnis keluarga ini lancar terus, klo bisa turun menurun sih Amin deh, dengan begini kan g bisa tetep ngurusin anak dan dapet penghasilan juga.

Selain itu g juga sekarang udah siap booking tukang pijet, yah bukan tukang pijet khusus buat orang lahiran sih! cuma orang kan suka bilang klo pas hamil urat pada melingker, yah ini pijit cuma buat ngilangin urat yang melingker aja. Ga pakai acara ngambil paket jut-jutan selama 1 bulan buat spa atau massage khusus buat ibu yang baru lahiran.

Makanan selama sebulan akan dibawain sama si Mama, makanan yang dibawa sama si Mama buat mempelancar peredaran darah, penambah darah, dan beberapa soup herbal, g enggak suka ayam arak jadi enggak pakai ayam arak segala, minta resep herbal lainnya kemarin sama nyokapnya Lu’s ^^.

Semoga ASI bisa lancar, makin banyak Amin, tapi kalo bisa jangan berkurang dari 300ml/day yah~ hahaha… Dsa. nya sih bilang klo isa bertahan sampai 6 minggu, Amin klo bisa 3 bulan, 6 bulan, atau 1 tahun, bahkan lebih wakakaka…

God, thanks for everything. Amin.

4 comments

  1. Yay congrats, semoga lancar terus ya sampe 2 thn hehehe
    ASI itu yg penting semangat mamanya kok😀

    1. klo sampe 2 thn sih ga perlu wakakaka… anaknya keburu gede nanti susah lepasnya, bisa setahun aja cukup sih~
      iya banyak yang bilang ASI yg penting semangat Mamanya, Amin~

  2. ratusya · · Reply

    Kesian amat ditagih kerjaan. Hihihihi. Sabar ya pit

    1. ^^, kadang mikir kerjaan cari duit yah buat anak juga hahaha.. yah jalanin aja deh🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: